Cara Menghapus Malware Dengan Aman

Posted on

Cara Menghapus Malware Dengan Aman

Bagaimana perangkat lunak berbahaya dapat dihapus?

Jika menurut Anda komputer Anda terinfeksi, Anda harus mengambil tindakan yang diperlukan secepat mungkin. Secara umum, tidak ada cara yang pasti untuk melanjutkan menghapus perangkat lunak berbahaya. Pencarian di Internet akan memberi Anda informasi tentang gejala yang disebabkan oleh infeksi malware, serta prosedur untuk menghapusnya. Pencarian ini tidak boleh dilakukan dari komputer yang rusak, tetapi yang terbaik adalah Anda memutuskannya dari jaringan dan mematikannya sebelum malware menyebabkan kerusakan lebih lanjut.

Hapus malware dari komputer menggunakan program antivirus

Jika Anda mencurigai bahwa malware telah mengambil alih komputer Anda, ikuti langkah-langkah berikut:

Mulai komputer Anda dalam mode aman (perangkat lunak perusak tidak akan dimuat di dalamnya). Jika Anda menggunakan Windows sebagai sistem operasi Anda, tekan tombol F8 dan tunggu sampai Anda dapat masuk. Di menu, pilih opsi “Mode aman dengan fungsi jaringan”, karena Anda perlu memiliki akses ke Internet untuk melakukan sisanya tindakan.

Langkah selanjutnya adalah memindai komputer dengan program antivirus. Anda perlu memeriksa apakah Anda memiliki versi terbaru. Jika tidak, perbarui, meskipun ia hanya dapat mengenali dan mengalahkan program berbahaya yang diketahui, itulah sebabnya antivirus tidak pernah menawarkan keamanan global. Beberapa virus bahkan memiliki kemampuan untuk bersembunyi dari program antivirus.

Selain antivirus yang sudah digunakan, disarankan untuk memindai ulang komputer dengan perangkat lunak antimalware yang lebih khusus. Dalam hal ini, ada berbagai program gratis dan versi uji coba untuk perangkat lunak berbayar yang berspesialisasi dalam menghapus malware yang ada. Diantaranya adalah, misalnya Malwarebytes Anti-Malware atau SUPERAntiSpyware Free Edition. Alat yang andal untuk mendeteksi malware adalah Microsoft Safety Scanner, yang dapat diunduh jika dicurigai. Dengan ESET dan Bitdefender QuickScan, Anda dapat memiliki akses ke alat online untuk melawan malware. Dalam kasus program adware atau bilah alat browser di komputer Windows, alat seperti AdwCleaner dapat sangat membantu.

Beberapa program antivirus menawarkan opsi pemindaian yang berbeda. Pemindaian cepat membutuhkan waktu sekitar 20 menit, sedangkan pemindaian penuh dapat berlangsung hingga satu jam. Di akhir proses, perangkat lunak berbahaya dapat dihapus dan, setelah komputer dihidupkan ulang, program menunjukkan bahwa komputer sepenuhnya terlindungi.

Hapus malware dari komputer Anda menggunakan sistem darurat atau pemformatan

Varian yang lebih memakan waktu tetapi berhasil adalah penggunaan perangkat lunak darurat, seperti Kaspersky Rescue Disk, F-Secure Rescue CD atau KNOPPIX. Program-program ini menawarkan opsi untuk diunduh secara gratis dan disalin dalam format ISO pada disk yang dapat dilepas. Untuk melakukan ini, Anda harus memulai komputer yang terinfeksi. Saat sistem operasi berjalan, perangkat lunak darurat akan mulai memindai item berbahaya dan menghapus item yang terinfeksi. Jika terjadi serangan yang lebih serius yang bahkan tidak dapat menghidupkan peralatan, jenis sistem darurat ini adalah satu-satunya solusi agar peralatan dapat dioperasikan kembali.

Seandainya komputer terus mengalami masalah (disebabkan oleh tindakan badware), Anda memiliki dua opsi: pergi ke ahlinya dengan harapan dia dapat menyelesaikan situasi atau Anda menangani sendiri masalahnya, yang mana hal itu akan terjadi. simpan file pribadi, format semua hard drive di komputer Anda, dan instal ulang sistem operasi. Pemformatan mungkin adalah hal tersulit untuk dilakukan untuk melawan keberadaan program jahat, tetapi ini juga merupakan metode teraman untuk menghapusnya, terutama dalam kasus parasit komputer yang melekat sangat kuat pada sistem atau jenis malware lainnya. malware yang diinstal ulang, karena meskipun sistem telah dianalisis, malware tersebut masih ada di dalamnya.

 

admin
Author