Apa Itu VPN dan Bagaimana Cara Kerjanya

Posted on

Apa Itu VPN dan Bagaimana Cara Kerjanya

Apa itu VPN dan bagaimana cara kerjanya untuk privasi informasi?
Pelajari apa itu VPN, cara kerjanya, penggunaannya, dan protokol enkripsi yang tersedia untuk melindungi informasi Anda.

Dalam banyak kesempatan kami menyarankan pembaca untuk menggunakan jaringan VPN pribadi saat menghubungkan ke jaringan nirkabel publik (Wi-Fi). Dengan cara ini, lalu lintas yang dihasilkan berjalan dienkripsi dan sulit bagi pihak ketiga untuk mencuri informasi rahasia. Dalam posting ini, kami akan menjelaskan lebih lanjut tentang jenis jaringan ini, beberapa penggunaan yang diberikan padanya, protokol enkripsi, di antara informasi terkait lainnya.

Apa itu VPN

VPN (Virtual Private Network) adalah teknologi jaringan yang digunakan untuk menghubungkan satu atau lebih komputer ke jaringan pribadi menggunakan Internet. Seperti yang kami jelaskan di artikel tentang kegunaan VPN, perusahaan sering kali menggunakan jaringan ini sehingga karyawan mereka, dari rumah, hotel, dll., Dapat mengakses sumber daya perusahaan yang tidak dapat mereka lakukan sebaliknya. Namun, menghubungkan komputer karyawan ke sumber daya perusahaan hanyalah salah satu fungsi VPN.

Protokol VPN

Seperti yang dapat diasumsikan, informasi pribadi dan rahasia melewati VPN yang jatuh ke tangan yang salah dapat merugikan perusahaan mana pun. Ini semakin diperparah jika karyawan tersebut terhubung menggunakan Wi-Fi publik yang tidak dilindungi. Untungnya, masalah ini dapat diatasi dengan mengenkripsi data yang dikirim dan diterima. Untuk mencapai tujuan ini, protokol berikut dapat digunakan:

IPsec (Internet Protocol Security): memungkinkan Anda meningkatkan keamanan melalui algoritme enkripsi yang kuat dan sistem autentikasi yang lebih komprehensif. IPsec memiliki dua metode enkripsi, mode transportasi dan mode terowongan. Ini juga mendukung enkripsi 56 bit dan 168 bit (triple DES).
PPTP / MPPE: teknologi yang dikembangkan oleh konsorsium yang terdiri dari beberapa perusahaan. PPTP mendukung berbagai protokol VPN dengan enkripsi 40-bit dan 128-bit menggunakan protokol Microsoft Point to Point Encryption (MPPE). PPTP sendiri tidak mengenkripsi informasi.
L2TP / IPsec (L2TP over IPsec): teknologi yang mampu memberikan tingkat perlindungan IPsec melalui protokol tunneling L2TP. Seperti PPTP, L2TP tidak mengenkripsi informasi sendiri.
Bagian dari perlindungan informasi yang berjalan melalui VPN adalah enkripsi, namun, memverifikasi bahwa itu tetap utuh sama pentingnya. Untuk mencapai ini, IPsec menggunakan mekanisme yang jika mendeteksi adanya modifikasi di dalam paket, ia akan membuangnya. Melindungi kerahasiaan dan integritas informasi menggunakan VPN adalah cara yang baik untuk menavigasi di Wi-Fi publik yang tidak aman meskipun Anda tidak ingin mengakses sumber daya perusahaan.

Terakhir, pengguna rumahan yang ingin menggunakan jaringan VPN dapat memilih antara layanan gratis dan berbayar. Penting untuk disebutkan bahwa yang gratis itu cenderung bekerja lebih lambat daripada yang tidak. Kami juga merekomendasikan membaca Panduan Keamanan Jaringan Nirkabel kami, yang meninjau langkah-langkah lain yang dapat diambil untuk menggunakan koneksi nirkabel publik dengan lebih aman.

Dan sekarang setelah Anda mengetahui cara kerja VPN, apakah Anda berencana untuk menggunakannya?

admin
Author