Apa itu VPN dan Bedanya Dengan Proxy

Posted on

Apa itu VPN dan Bedanya Dengan Proxy

Apa perbedaan antara Proxy dan VPN

Ketika kita menjelajah internet kita tidak hanya meninggalkan jejak kaki pada website yang kita kunjungi, tetapi pada semua node jaringan yang kita lintasi. Node ini dapat melihat alamat IP kami, permintaan DNS dari domain yang kami minta dan bahkan paket teks biasa (misalnya, paket protokol HTTP) yang kami terima atau kirim. Perlu dicatat bahwa ketika kita merujuk ke “node” jaringan, kita berbicara tentang router atau peralatan jaringan lokal tempat kita terhubung, serta penyedia Internet (ISP) atau perantara lain antara kita dan situs web. tujuan.

Dengan mempertimbangkan hal ini, ada kemungkinan bahwa, dalam berbagai situasi, seperti ingin menjelajah secara anonim atau melakukannya di jaringan yang tidak aman atau disensor, kami mungkin harus menggunakan beberapa alat untuk melindungi identitas dan privasi kami di Internet. Dalam kasus ini, dua alat utama yang paling beresonansi dan yang sering membingungkan satu sama lain adalah proxy dan VPN. Oleh karena itu, dalam publikasi ini kami akan membahas karakteristik utama dari keduanya dan merinci penggunaan, kelebihan dan kekurangannya.

Apa itu proxy?

Seperti yang telah kami jelaskan di artikel apa itu proxy dan untuk apa, proxy adalah server yang bertindak sebagai perantara antara komputer Anda dan situs Internet yang ingin Anda kunjungi. Fungsi utamanya adalah untuk menutupi alamat IP Anda sehingga semua lalu lintas yang masuk ke situs web yang Anda lihat tampaknya datang dari tempat lain. Dengan kata lain, saat Anda mengunjungi situs web melalui proxy, IP publik yang akan diterima situs tersebut sesuai dengan IP proxy dan bukan milik Anda. Namun, proxy tidak menyediakan jenis lapisan keamanan apa pun, karena tidak mengenkripsi atau menganonimkan lalu lintas yang Anda kirim atau terima.

Kapan menggunakan proxy?

Terutama ketika jaringan (atau wilayah) tempat kita berada memiliki semacam sensor di jaringan. Juga ketika layanan yang ingin kita hubungkan hanya menerima koneksi dari IP tertentu (difilter berdasarkan wilayah atau negara).

Penggunaan proxy sangat umum untuk mengonsumsi layanan online yang hanya diaktifkan untuk wilayah tertentu (seperti game atau streaming video), serta untuk menghindari beberapa pembatasan filter konten. Keuntungan utamanya adalah sangat mudah digunakan dan ada berbagai jenis proxy, di dalamnya kami merinci tiga yang mungkin berguna:

Perangkat lunak proxy:

mengacu pada aplikasi yang diinstal pada PC atau server untuk menjadikan peralatan sebagai server proxy. Salah satu keuntungan dari menginstal alat jenis ini adalah memungkinkan Anda untuk menyimpan cache atau melakukan load balancing untuk mengoptimalkan penjelajahan Internet, merekam log penjelajahan, atau memfilter penjelajahan ke situs web tertentu. Pilihan yang bagus untuk jenis proxy dan open source ini adalah Squid.

Proksi web :

adalah proksi untuk penjelajahan HTTP dan HTTPS di mana pengguna mengakses layanan melalui situs web dan menggunakan situs web ini sebagai proxy perantara. Opsi yang bagus untuk jenis ini adalah Hide.me. Keuntungan utamanya adalah pengguna tidak perlu menginstal apa pun di komputer mereka, tetapi penjelajahan dapat melambat jika layanan sangat padat.

Ekstensi untuk browser:

sangat mirip dengan proxy web, dengan keuntungan tidak perlu masuk ke situs web untuk menjelajah, tetapi saat mengaktifkannya, semua lalu lintas web kami secara otomatis meninggalkan proxy. Pilihan bagus dalam hal ini adalah Foxy Proxy, yang memiliki ekstensi untuk Chrome dan Firefox.
Penting untuk diingat bahwa Proxy tidak menyediakan jenis enkripsi atau perlindungan keamanan apa pun, dan meskipun Proxy memberikan tingkat anonimitas tertentu dengan menutupi alamat IP, kenyataannya adalah bahwa situs web mengumpulkan banyak informasi lain yang dapat digunakan untuk itu. melacak dan mengidentifikasi Anda.

Apa itu VPN dan apa bedanya dengan Proxy
Perbedaan utama antara VPN dan Proxy adalah enkripsi. Server VPN juga merupakan perantara antara komputer Anda dan situs atau layanan yang Anda sambungkan, tetapi dalam hal ini koneksi terenkripsi (disebut terowongan VPN) dibuat antara komputer dan server VPN, sehingga semua lalu lintas yang dirutekan melalui terowongan ini akan tetap dienkripsi dan tidak mungkin dibaca oleh node jaringan, penyedia Internet, atau perangkat perantara lainnya. Untuk memahami lebih lanjut tentang cara kerja alat ini, kami sarankan Anda membaca artikel “Apa itu dan cara kerjanya

admin
Author